Pengertian Sastra Menurut KBBI dan Para Ahli - [Sastra Adalah]

Image result for menulis sastra
Sastra atau dalam bahasa indonesia bisa disebut juga dengan kesusastraan adalah karya tulisan yang memiliki arti dan keindahaan tertentu. Kata sastra sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, yang artinya "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman"

Yang agak bias adalah pemakaian istilah sastra dan sastrawi. Segmentasi sastra lebih mengacu sesuai definisinya sebagai sekedar teks. Sedang sastrawi lebih mengarah kepada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah suatu contoh, diartikan sebagai orang yang bergerak dalam dunia sastrawi.
(wikipedia.org)

Apa saja bentuk sastra itu? berikut adalah kategori-kategori dalam sastra :


  • Novel
  • Syair
  • Pantun
  • Drama
  • Lukisan


Pengertian Sastra Menurut Para Ahli

  • Menurut Mursal Esten
Sastra atau kesusastraan adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia, dan masyarakat melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan berkemanusiaan.


  •  Menurut Semi
Sastra adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya


  •  Menurut Panuti Sudjiman
Sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapannya.


  • Menurut Eagleton 
sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjang tipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.

Baca Juga : Sastrawan Sekaligus Penerjemah Indonesia Ali Audah

Baca Juga : Buku-Buku Karya Ali Audah


  • Menurut Plato
Sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.


  • Menurut Aristoteles
Sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan, dan filsafat


  • Menurut Sapardi Djoko
Sastra adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan sosial.

Dari beberapa pengertian sastra dari para ahlinya, berikut adalah pengertian sastra menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sastra menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 2008 adalah "karya tulis yang bila dibandingkan dengan tulisan lain, ciri keunggulannya, seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya". Karya sastra berarti karangan yang mengacu pada nilai-nilai kebaikan yang ditulis dengan bahasa yang indah. Sastra memberikan wawasan yang umum  tentang masalah manusiawi, sosial, maupun intelektual, dengan cara yang khas. Pembaca sastra dimungkinkan untuk menginterpretasikan teks sastra sesuai dengan wawasannya sendiri. (dosenpendidikan.com)

Baca Juga : Hati-Hati Melukai Hati [Bacaan Senja]

Baca Juga : Kumpulan Puisi-Puisi 






No comments:

Post a Comment