Pentingnya Membaca Untuk Mengetahui Sesuatu


Melihat perkembangan membaca di era ini sangatlah tragis, karena sedikitnya peminat pembaca. Padahal banyak yang dapat kita pahami dari membaca, seperti contoh ketika suatu bangsa mengumumkan sejarah bangsanya namun banyak sekali keraguan ketika menerima informasinya, lalu kemana seseorang mendapat informasi dan referensi untuk mengetahui sejarahnya? ya, salah satunya dengan membaca. Kita dapat membaca buku dari berbagai penulis di dunia mengenai sejarah suatu bangsa, dan menyamakan suatu cerita dari masyararaka yang beredar dengan buku yang sedang kalian baca. Ketika kalian tak yakin dengan buku dari penulis yang kalian baca setelah mengeetahui track record penulis yang buruk, kalian bisa mencari buku yang sama atau hampir mirip lalu melihat penulis/pengarangnya yang memiliki track record baik dalam menulis. Seperti misal saya dalam membaca, saya lebih yakin ketika membaca buku dari A dari pada dari B, padahal tulisannya sama-sama membahas tentang Agama, tapi ketika melihat penulisnya berbeda saya memilih penulis yang terkenal dan dapat dipercaya ilmunya, agar tak semakin tersesat dalam mengetahui ilmu.

APA PENTINGNYA MEMBACA?

Tak perlu penjelasan yang berbelit tentang pertanya'an seperti ini, apa pentingnya membaca jelas untuk mencari ilmu karena semua orang tau bahwa ilmu adalah tiang manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari, tanpa ilmu mungkin banyak orang yang semakin salah mengartikan hidup ini. Ketika kamu memiliki ilmu tentang sesuatu kamu tak akan pernah takut akan sesuatu, misal ketika kamu mencoba bercerita pada seseorang mengenai sejarah bangsa ini, namun lawan bicaramu memilik pendapat yang berbeda tanpa memiliki sumber yang jelas, sedangkan kamu membantah lawan bicaramu dengan penjelasan yang lebih masuk akal dan memiliki sumber dari buku yang pernah kamu baca, nah dengan menjelaskan dengan sumber dari buku yang jelas mungkin dapat membuat lawan bicara menjadi tau tentang suatu sejarah yang jelas. Intinya kamu bisa lebih berani memberi pendapat kepada seseorang siapapun itu denga memberi sumber dari buku untuk memperjelas pendapat kamu.

Dengan membaca kamu akan mendapatkan ilmu pengetahuan, dan ketika kamu mempunyai ilmu, kamu akan dimuliakan dan dihormati orang-orang. Tuhan pun menjanjikan akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu dan beriman. Jadi kesimpualnnya, membaca adalah hal sangat dibutuhkan oleh seseorang dalam menjalani hidup bermasyarakat dan mengangkat derajat kalian dimata tuhan, sekaligus pandangan baik, lebih tepatnya dihargai & dihormati orang.

Baca Juga : Buku-Buku Karya Ali Audah [Sastrawan sekaligus Penulis]


SARANA UNTUK MEMBACA

Berbicara tentang sarana untuk membaca, banyak sekali. Tak harus tentang buku, kamu bisa mendapat ilmu dari membaca di Koran, Artikel di internet dan masih banyak lagi sarana yang bisa kita jumpai di era ini. Dengan kemajuan teknologi yang semaju ini jika tak dimanfa'atkan untuk mencari ilmu sangat rugi, bahkan kita bisa mendapat ilmu dengan gratis di internet tanpa perlu membeli buku, hanya butuh koneksi internet yang sekarang bisa kita dapatkan dimana saja.

Jika dengan membaca buku kita harus menyaring penulis/pengarangnya, sama halnya dengan membaca artikel di internet yang dimana saat ini tak sedikit media yang memberi informasi yang salah atau biasa disebut HOAX. Lalu bagaimana kita mencari penulis yang baik di internet? Salah satu cara adalah dengan melihat berapa kunjungan yang telah masuk di blognya (biasanya ada staatistik pengunjung disetiap blog) jika pengunjung blognya sangat banyak langkah selanjutnya baca beberapa artikelnya, dalam proses ini kalian yang menentukan apakah tulisan seseorang tersebut nyaman untuk dibaca atau tidak, jika tidak nyaman cari lagi artikel dengan penulis yang baik. Jika sudah menemukan penulis dengan penjelasan perkaranya sangatlah baik dan rasional, yap maka follow blog/website orang tersebut agar menerima update an terbaru dari tulisannya.

Yang terpenting tetap membandingkan tulisan dari siapapun dengan keada'an apakah rasional karena membandingkan setiap karya tulisan juga sangat penting untuk mengetahui ilmu yang benar. Semakin banyak membaca semakin banyak ilmu.


Jika merasa tulisan ini bagus silahkan share, jika ada yang kurang beri komentar yang untuk semakin memajukan blog ini. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment