Menerapkan Nilai-Nilai luhur Untuk Melanjutkan Ekstensi Masyarakat Yang Religius dan Berbudi Pekerti

Tuhan menciptakan telinga, mata dan hati agar digunakan untuk menuntut ilmu pengetahuan, untuk mencerdaskan bangsa, meningkatkan amal-amal baik pada masyarakat dan meninggikan tuhan. Sehingga apa yang kita perbuat dapat dipertanggung jawabkan di sisi tuhan yang esa dan dapat diwariskan pada generasi selanjutnya, agar bisa menerapkan nilai-nilai luhur untuk melanjutkan ekstensi masyarakat yang religius dan berbudi pekerti.
Ekstensi masyarakat yang religius dan berbudi pekerti, dapat dipertahankan jika generasi selanjutnya memiliki ilmu pengetahuan yang dipraktekannya langsung kepada masyarakat sekitar. Tapi kenapa harus ada kata "semua masyarakat mendapat hak yang sama untuk memperoleh pendidikan" sedangkan masih banyak masyarakat kesusahan untuk mendapatkan hak-haknya yaitu mendapat pengetahuan ditempat yang biasa kita sebut sekolah? tak mampu membeli buku untuk membaca? dan masih banyak yang lainnya. Bagaimana bisa generasi ini meneruskan ekstensi masyarakat yang religius dan berbudi pekerti jika akses untuk mendapat pengetahuan pun mereka tak mendapatkannya.

Percayalah, Tuhan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan. Semua insan bila ingin memiliki perilaku baik dan terhormat harus memiliki ilmu, jangankan dimata manusia, dimata tuhan pun setiap insan juga harus mempunyai ilmu yang diamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena ilmu adalah pondasi dunia setiap manusia, seperti diibaratkan bangunan tak berpondasi, sudah pasti akan hancur setinggi dan semewah apapun bangunan itu. Dan manusia tanpa ilmu, tak akan membawanya kepada kemakmuran dan kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat maupun dirinya sendiri.

Dan jangan hanya protes karena pendidikan yang tak adil dikalangan masyarakat saja yang kita lakukan, setiap protes ataupun kritik selalu ada solusi didalamnya. Seperti apa solusinya? membantu masyarakat untuk mendapatkan tempat dan ilmu yang layak, membantu mengajarkan hal-hal yang baik tentunya dan juga mengawasi perkembangan anak-anak dalam memilih pergaulan. Jika hanya protes dan kritik saja, lalu apa yang sudah kita lakukan untuk melanjutkan eksistensi masyarakat yang religius dan berbudi pekerti?

No comments:

Post a Comment